Resep Membuat Makanan Memek Khas Aceh

Resep Membuat Makanan Memek Khas Aceh

Resep Memasak - Indonesia kaya dengan keanekaragaman kuliner. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang tidak hanya lezat, tapi juga unik dan tidak jarang fenomenal. Salah satu yang belakangan ini ramai diperbincangkan adalah memek makanan khas Aceh berbahan dasar pisang dan beras ketan.

Memek adalah makanan khas yang berasal dari Kabupaten Simeulue, Aceh. Makanan ini ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia tahun 2019.

Dinas Kebudayaan dan Pariwiasta Aceh dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh-Sumut sebelumnya mengusulkan 11 karya budaya dari Aceh untuk ditetapkan sebagai WBTB Indonesia tahun 2019.

Sayangnya tidak semua budaya yang diajukan ini lolos dan memenuhi syarat. Hanya terdapat 4 karya budaya Aceh yang lolos WBTB dan salah satunya adalah makanan memek ini. Kini makanan memek resmi menjadi salah satu dari 34 WBTB Indonesia yang berasal dari Aceh.

Kata memek sendiri berasal dari kata mamemek yang artinya adalah mengunyah-ngunyah atau menggigit. Namun kini kata memek lebih populer di kalangan masyarakat Simeulue untuk menyebut makanan berbahan dasar pisang dan beras ketan ini.

Makanan memek biasanya hanya disajikan dalam kesempatan tertentu saja. Paling mudah menemui makanan khas satu ini selama bulan Ramadan, karena hampir seluruh masyarakat Simeulue menjadikan makanan memek sebagai santapan untuk berbuka puasa.


Resep Membuat Makanan Memek Khas Aceh


Bahan-bahan:
  • Pisang (umumnya masyarakat Simeulue menggunakan pisang siem)
  • Beras ketan
  • Santan
  • Garam
  • Gula pasir

Cara Mmbuat Makanan Memek Khas Aceh:
  1. Kupas pisang, kemudian tumbuk pisang hingga halus seperti bubur.
  2. Sangrai beras ketan hingga gurih.
  3. Campurkan pisang dengan santan, gula, garam, dan beras ketan yang sudah disangrai. Aduk merata hingga berbentuk bubur.

Proses memasak makanan memek ini kurang lebih membutuhkan waktu satu jam. Waktu yang paling panjang dibutuhkan untuk memasak beras ketan hingga gurih.

Kamu masih kurang yakin kalu kuliner ini benar adanya?. Coba cek artikelnya dilink dibawah ini

kompas.com/tren/read/2019/09/01/063000965/memek-makanan-khas-aceh-yang-jadi-warisan-budaya-tak-benda-indonesia

travel.kompas.com/read/2019/09/01/165200427/tempat-beli-memek-kuliner-khas-simeulue-aceh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel